Alasan manusia sulit berubah

Kemungkinan besar kita pernah punya seorang teman, saudara atau tetangga yang sudah dinasehati berkali-kali dengan cara apa pun sulit berubah dari kebiasaan atau sikap buruk agar menjadi lebih baik.

Hal demikian terjadi karena adanya mental block (penghalang mental dalam pikiran manusia). Mental block adalah virus pikiran, atau program pikiran yang menghambat.

Program ini terletak di pikiran bawah sadar kita dan masuk melalui suatu proses programming. Yaitu program yang kita dapatkan dari orang tua, keluarga, saudara, teman, sekolah, dll.

Pikiran sadar kita mulai terbentuk saat kita berusia tiga tahun. Salah satu fungsinya adalah untuk berpikir analitis. Kemampuan yang juga disebut dengan critical factor (faktor kritis) ini akan semakin kuat dan sangat kuat pada saat kita menginjak umur 13 tahun.

Kemudian, bila kita ingin mengubah suatu program pikiran yang ada di pikiran bawah sadar, kita akan mendapat hambatan dari faktor kritis ini. Itulah sebabnya orang sulit berubah.

Kalimat Imprint (masukan yang salah)

Ketika masih kecil, orangtua, lingkungan, pengasuh atau guru di sekolah, entah secara sengaja atau tidak pasti pernah berkata, “Udah, kamu nggak akan bisa mengerjakan soal ini. Ini terlalu susah untukmu.”

Mungkin Ada juga yang bilang , “Dasar goblok. Kamu nggak pernah teliti.”
“Ah, begitu saja nggak bisa. Trus, kamu kamu mau jadi apa?”
“Kita memang ditakdirkan jadi orang melarat”
“Orang kaya itu kejam. Pasti masuk neraka,”
“Uang adalah akar dari segala kejahatan.”
“Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah.”
“Jangan melekat pada harta. Kalau harta kita sedikit, kita makin terbebas.”
“Hidup adalah penderitaan.”

Dan masih banyak kalimat-kalimat yang tertanam menjadi imprint di dalam pikiran bawah sadar kita.

Program Pikiran

Semua pernyataan tersebut, tidak disadari langsung masuk ke pikiran bawah sadar dan menjadi program pikiran saat disampaikan oleh orang yang kita anggap punya otoritas apalagi saat kita kecil.

Bila di masa depan ternyata menghambat upaya mencapai tujuan tertentu, pada saat itulah program tersebut menjadi mental block.

Sebuah penelitian menyebutkan 77 persen dari program yang kita miliki adalah program yang salah, dipengaruhi oleh virus pikiran dan bekerja menghambat kita untuk berhasil.

Dan yang lebih menarik, peran dan pengaruh pikiran bawah sadar terhadap hidup kita sangat besar, yakni sebesar 90 persen. Sedangkan pikiran sadar hanya 10 persen.

Dengan kata lain, kekuatan pikiran bawah sadar sembilan kali lebih kuat daripada pikiran sadar.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *