Modal Kecil Bisa Jadi Pebisnis Sukses

Sebagian besar  orang  terjebak dalam alur rutinitas hidupnya. Banyak  yang sudah  pernah merencanakan untuk memulai bisnis ini dan itu. Namun pada akhirnya,  rencana tinggal rencana, hanya sedikit orang yang rencana-rencananya  direalisasikan.

Dan ujung-ujungnya  masuk dalam dunia kerja sebagai pekerja kantoran, buruh, pegawai negeri, karyawan.

ada 4 hal yang biasanya membuat banyak  orang  berubah haluan dari rencana awal sebagai pebisnis kemudian menjadi karyawan.

  • Tidak tahu peluang usaha apa yang lebih menguntungkan dan lebih terjamin dibandingkan bekerja sebagai karyawan.
  • Tidak punya modal
  • Terlanjur  berkeluarga dan bekerja
  • Takut karena hambatan mental (takut, tidak PD, tidak bisa bisnis, tidak ada keturunan pebisnis, dll)

Padahal ada kini ada banyak peluang usaha yang bisa dimulai, yang tidak banyak menyita waktu,   bisa dikerjakan dari mana saja, dan dengan modal yang sangat kecil pun bisa.

Berikut beberapa  contoh peluang usaha yang bisa di lakukan segera…

  1. Berjualan Produk di Website Sendiri

Mudah yang dapat dilakukan oleh siapapun yang menggunakan komputer dan internet, dan sangat mudah mempraktekannya

Contoh platform yang dapat Anda gunakan:

  • LapakInstant
  • YukBisnis

Kalau belum punya produk untuk dijual sebaiknya Anda mulai dengan…

  1. Menentukan produk (produk sendiri atau punya orang lain)
  2. Mencari supplier
  3. Kerjasama dengan yang punya produk
  4. Dropship
  1. Berjualan di Marketplace

Ini adalah jalan paling cepat bagi yang ingin langsung punya usaha, tidak perlu repot-repot buat website toko online. Banyak marketplace yang menyediakan tempat secara gratis jika Kita ingin berjualan di tempat Mereka.

 

Hanya saja seluruh kegitan transaksi yang kita lakukan diawasi oleh pemilik market place.sebagai penyedia jasa. Jika ada transaksi dari pembeli ke penjual, uang yang ditransfer pembeli akan masuk ke rekening bersama marketplace terlebih dahulu.

Sebagai pemula tidak ada salahnya menggunakan marketplace sebagai tempat berjualan dan mencari customer.

Ketika Anda sudah mandiri kelak, yang harus Anda lakukan adalah memberitahu pelanggan  untuk beralih mengunjungi website  pribadi Anda

Berikut situs marketplace yang bisa Anda manfaatkan:

  • Toko Pedia
  • Buka Lapak
  • Sophee
  • Lazada
  1. Menjadi Dropshipper

Sistim di dropshipper adalah jika ada pesanan, Anda hanya perlu memberi tahu ke supplier, kemudian suplier yang akan  mengirimkan produk ke customer atas nama Anda.

 

Kelemahan dalam dropship:

  1. Keuntungan lebih kecil
  2. Tidak bisa memonitor  suplier
  3. Kualitas barang Kita  tidak ketahui

Beberapa kelebihannya:

  1. Modal relatif kecil untuk memulai
  2. Tidak butuh stok barang
  3. Bisa dilakukan dari mana pun
  1. Menjadi Publisher Iklan

.

Banyak orang yang menulis di blog dan ketika blognya dikunjungi banyak orang maka blog tersebut bisa menjadi keuntungan.

Apa untungnya bagi pemilik blog? Ternyata selain menulis dan berbagi wawasan kepada masyarakat, para penulis di blog ini mendapat penghasilan dari iklan yang di pasang di blog mereka.

Prosesnya seperti ini…

Buat website ->menampilkan kode iklan -> iklan muncul di website -> pengunjung melakukan klik di iklan -> mendapatkan income/komisi

Yang perlu Anda lakukan sebelum menjadi publisher iklan

  1. Membuat konten website yang berkualitas
  2. Mendatangkan traffic  sebanyak-banyaknya ke website

 

  1. Affiliate

Jika Anda bergabung dengan  affiliate marketing, Anda hanya mempromosikan saja, tidak menjual seperti di dropship. Pembeli akan langsung berhubungan dengan penjual, bukan Anda.

Anda biasanya akan diberikan web replika, atau Anda buat web sendiri untuk mempromosikan link affiliate dari web pemilik produk. Ini adalah sumber income yang bisa Anda coba terutama bagi yang tidak ingin repot, tidak perlu repot terima pesanan, tidak perlu repot mengemas dan mengirim barang.

Anda cukup set up webnya di awal kemudian promosi, jika ada yang ada order barang maka penjual yang akan menerima, menyiapkan, dan mengirim pesanan. Pun kalau ada yang complain juga akan diurus oleh pembeli.

 

  1. Membuat dan Menjual Produk Informasi

Ada banyak bentuk  informasi yang bisa dijual di internet : buku, ebook, video, atau audio. Misalnya ebook tutorial cara memasak, video tentang langkah-langkah membangun bisnis online, audio cara atau tutorial menjadi public speaker yang baik, dll.

 

Sebenarnya masih ada banyak sekali  cara untuk bisa menghasilkan income di internet yang bisa Anda coba, misalnya menyediakan jasa desain grafis jika Anda seorang grafis desainer, menjual template wordpress, menjadi penulis artikel, jasa pembuatan website, jasa SEO.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *