Kepercayaan Konsumen = keberhasilan transaksi e-Commerce

Mungkin Anda pernah sudah berkali-kali melihat barang yang ingin Anda beli, namun ketika akan melakukan pembayaran tiba-tiba Anda ragu untuk menyelesaikan pembayaran, dan  akhirnya keranjang  belanja Anda  kosong alias berakhir dengan tidak ada  pembelian.

Tentu tidak aneh jika hal itu menyebabkan masih rendahnya persentase  transaksi yang terjadi  di bisnis e-commerce. Dari konsumen yang mengunjungi toko online hanya sekitar 1%-4% yang melakukan pembelian, berbeda jauh dengan di toko offline yang bisa mencapai 20-40%.

Namun sejalan dengan semakin meningkatnya trend orang  berbanja secara online, ditambah dengan semakin kreatifnya bentuk promosi yang disungguhkan oleh para para pelaku e-commerce,

Apa sesungguhnya yang menyebabkan masih rendahnya pembelian di bisnis e-commerce? Faktor utamanya adalah kepercayaan konsumen, kepercayaan konsumen terhadap e-commerce menentukan keberhasilan transaksi.

Pelaku bisnis online harus berusaha keras meyakinkan calon konsumen, karena belanja online cenderung lebih berisiko daraipada belanja offline. Jika belanja online konsumen tidak dapat melihat langsung barang yang mereka pesan, sehingga tak ada kepastian barang tersebut sesuai atau tidak dengan harapan.

Belum lagi masalah pengemasan dan pengirim, produsen tentu sangat berharap barang yang mereka pesan, sesuai dengan yang mereka inginkan, aman selama dalam pengiriman, selamat sampai tujuan.

Apalagi konsumen toko online di Indonesia masih sangat dominan yang menggunakan media social untuk melakukan chat sebelum memutuskan untuk membeli, maka sebaiknya lengkapi toko online anda dengan fitur chat seperti Wa, line, telegram, dan lain-lain.

Sehingga produsen harus mampu meyakinkan  pembeli bahwa barang yang mereka pesan sesuai, aman, dan cepat sampai tujuan

Faktor-faktor lain yang juga sangat mempengaruhi kepercayaan pembeli adalah kepercayaan terhadap situs, yang meliputi…

  • Tampilan situs
  • Foto produk
  • Penggunaan warna
  • Tata letak
  • Copy writing

Jika unsur-unsur di atas bisa ditata dengan baik maka keraguan calon pembeli untuk melakukan transaksi bisa diatasi

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *